PT Rifan Financindo Berjangka – Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru Untuk 2021 Yang Lebih Baik

Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru Untuk 2021 Yang Lebih Baik – PT Rifan Financindo Berjangka

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Tidak terasa tahun 2021 sudah ada di depan mata. Selama tahun 2020 banyak hal tak terduga yang membawa kita ke dalam situasi yang kurang baik diakibatkan mewabahnya virus corona. Mungkin beberapa rencana dan resolusi kamu di tahun 2020 belum sempat dimulai atau bahkan gagal. Tapi di tahun ini, kamu punya banyak hal yang patut disyukuri dan pelajaran yang bisa diambil sebagai bekal untuk jadi pribadi yang lebih baik di tahun berikutnya.

Seperti rutinitas akhir tahun sebelum-sebelumnya, menuju tahun baru biasanya kita mempersiapkan resolusi yang ingin dicapai di tahun depan dengan harapan bisa menjadi dan mendapatkan yang lebih baik dari tahun ini. Membuat resolusi nggak bisa asal juga lho, apalagi kalau kamu berharap besar semua yang direncanakan bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk memudahkanmu membuat resolusi akhir tahun, TopKarir punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Mengevaluasi diri

Tentu hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyusun resolusi adalah mengevaluasi diri sendiri. Dengan mengevaluasi diri, kamu akan lebih siap menyusun resolusi tahun depan agar kamu tahu, langkah apa yang harus diambil dan dihindari untuk mencapai tujuan yang sudah kamu targetkan. Cari tahu apa keberhasilan dan kegagalan yang pernah kamu alami di tahun 2020, apa yang menyebabkan kamu berhasil dan gagal.

Setelah melakukan evaluasi diri, kamu bisa mulai memperbaiki kekuranganmu yang bisa membuatmu gagal merealisasikan resolusi di tahun depan. Latih kemampuan dan skill kamu dengan banyak belajar dari berbagai sumber.

Buat target 2021 yang realistis & membaca situasi

Melihat kondisi pandemi covid-19 di Indonesia yang belum juga hilang, mengharuskan kita untuk merencanakan berbagai hal dengan pertimbangan keselamatan dan kesehatan diri juga anggota keluarga. Hal ini berpengaruh juga ketika kita mau menyusun resolusi tahun baru. Aktivitas di luar rumah saat ini dibatasi, lamanya situasi ini juga tidak bisa kita prediksi. Jadi, buatlah resolusi tahun baru yang bisa disesuaikan dengan kondisi saat ini dan realistis sesuai kemampuan diri untuk diwujudkan.

Misalnya kamu mau mulai berwirausaha, rencanakan produk usaha yang saat ini sedang dibutuhkan banyak orang, seperti masker, produk makanan sehat, vitamin, dll.

Fokus pada satu rencana besar

Punya banyak resolusi itu bagus, tapi bisa bikin kita nggak fokus dan kewalahan untuk menjalani itu semua. Ada baiknya kamu fokuskan resolusimu pada satu atau dua hal yang betul-betul ingin kamu kejar. Misalkan kamu ingin fasih berbahasa Inggris di tahun depan, kamu bisa mulai mencari kelas/cara yang efektif untuk membantumu belajar dari 0 sampai lancar. Sebelum resolusi itu bisa kamu capai, jangan jalankan resolusi lain yang bisa membuat fokusmu terpecah, seperti belajar Bahasa Mandarin disaat bersamaan dengan waktumu belajar Bahasa Inggris.

Buat rencana yang matang dan terjadwal

Selalu ingat, gagal merencanakan itu artinya kamu merencanakan kegagalan. Perencanaan yang matang adalah langkah yang penting untuk mewujudkan resolusimu. Setelah menyusun hal apa saja yang mau kamu capai di 2021, cobalah untuk memikirkan cara dan periode waktu yang akan kamu gunakan sebagai sebuah strategi.

Misalkan kamu mau punya tubuh yang lebih sehat dan ideal, mulailah dengan membuat jadwal olahraga dan makan harian, cari tahu dan tentukan makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Atau kamu berharap mendapat pekerjaan di tahun 2021, bisa dengan mulai belajar kompetensi sesuai kualifikasi di posisi yang kamu mau, mengikuti pelatihan online/webinar karir seminggu sekali juga bisa jadi bekal untuk menghadapi ketatnya persaingan kerja. Dengan membuat perencanaan yang terjadwal, resolusimu akan lebih mudah dicapai.

Bangun hubungan yang positif

Meskipun tahun 2020 kita tidak banyak bertemu banyak orang secara langsung, tetapi kita masih bisa menjaga hubungan baik lewat jejaring digital. Percayalah, jika berhubungan baik dan tulus dengan orang-orang di sekeliling kita, itu akan membawa kemudahan dalam segala hal, bahkan disaat yang tidak terduga.

Mereka bisa menjadi penyemangat untuk kita di perjalanan menuju resolusi yang sudah ditargetkan. Atau bahkan sebagai partner yang membuka jalan kita untuk bisa melewati segala rintangan yang ada. Jadi, bangunlah hubungan baik dengan setiap orang yang kamu temui mulai saat ini.

Sumber : topkarir.com

Rifan Bandung