PT Rifan – Tips-Tips Penting Untuk Meningkatkan Kinerja Trading

Tips-Tips Penting Untuk Meningkatkan Kinerja Trading – PT Rifan Berjangka

PT RIFAN BANDUNG – Pernahkah Anda berpikir bahwa kepribadian dapat mempengaruhi kinerja trading? Mengapa demikian? Kepribadian seseorang trader sangat berpengaruh pada gaya tradingnya dan caranya dalam mengambil keputusan. Sebagai contoh, seorang trader yang tidak pernah menghitung uang kembalian pada saat ia membeli suatu barang, cenderung bertransaksi dengan ceroboh dan tidak memperhitungkan risiko.

Seorang trader yang memiliki latar belakang sebagai seorang professional atau pemimpin, cenderung memaksakan keinginannya dan mengontrol market. Seorang trader yang memiliki latar belakang sebagai karyawan, biasanya juga menerapkan mental karyawan dalam trading, yaitu menunggu komando dari sang atasan, dalam hal ini adalah senior atau trader professional atau analis.

Oleh karena itu, memiliki kepribadian finansial yang baik sangat mempengaruhi mental Anda sebagai trader. Lalu, bagaimana caranya kita mengaplikasikan atau memperbaiki kepribadian kita dalam aktivitas trading? Ada beberapa tips yang sangat baik untuk memperbaiki kepribadian finansial trader supaya trader memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik yang secara sadar atau tidak sadar akan dibawa ke dalam arena trading. Berikut ini tips-tips untuk memperbaiki kepribadian finansial trader.

BELAJAR MENABUNG

Kenapa harus menabung? Apa bedanya trading dengan menabung? Menabung dapat memberikan perbedaan besar antara trader yang berhasil dan trader yang gagal. Seseorang yang terbiasa untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang disiplin, terorganisir, dan tertib.

Kemampuan untuk menyisihkan sebagian uangnya menunjukan bahwa ia mampu mengatur keuangan dan mengendalikan pengeluaran. Kepribadian semacam ini sangat di perlukan untukmemperlengkapi trader supaya dapat tetap bertahan terutama ketika muncul godaan seperti serakah.

Menabung merupakan wujud disiplin yang sangat sederhana. Tanpa memiliki karakter ini, trader akan cenderung over-trade yang dapat mengakibatkan kekacauan dan manajemen finansial yang buruk. Ketidakmampuan dalam menyimpan uang dapat disejajarkan dengan tidak adanya pengendalian diri dalam trading dengan benar, namun cenderung untuk mengejar uang sebanyak-banyaknya. Dengan berfokus pada pengejaran uang, maka rasa serakahlah yang akan menang.

Sekalipun hanya menabung sebesar 10% selama sebulan, jika dilakukan terus-menerus, maka Anda akan memperoleh tabungan yang cukup banyak dihari tua. Jika Anda tidak bisa menyimpan 10% dari penghasilan Anda, maka Anda harus terus berjuang dalam memenuhi kebutuhan hingga masa tua Anda.

Orang yang memiliki penghasilan namun tidak dapat menabung identic dengan trader yang selalu memperoleh keuntungan, namun portofolionya tidak mengalami pertumbuhan. Belajarlah menabung dengan tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Jadilah trader yang bijaksan dan hemat.

BERTRANSAKSI SEBESAR RISIKO YANG DAPAT ANDA TERIMA

Bagaimana caranya kita mengendalikan resiko trading? Singkatnya, jangan menggunakan seluruh uang Anda untuk trading. Jangan merisikokan uang Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau uang tabungan pendidikan anak Anda untuk trading. Gunakan uang “nganggur” untuk trading, sehingga kehidupan Anda tidak akan goncang ketika terjadi kemungkinan terburuk.

Ketika Anda menggunakan uang tabungan pendidikan anak atau uang untuk memenuhi kebutuhan sehari atau bahkan berutang untuk trading, maka Anda akan memperoleh tekanan yang begitu besar ketika Anda mengalami kerugian. Sebagaimana untung, rugi juga merupakan bagian dari trading.

Tekanan yang besar mengakibatkan rasa takut, sehingga Anda tidak dapat mengambil keputusan dengan objektif dan bijaksana. Ketika mengalami kerugian, Anda akan merasa begitu tertekan untuk segera mengembalikan “uang penting” tersebut akan membuat trader terjebak dalam siklus emosional yang sangat merusak.

Oleh karena itu, trader harus menggunakan sejumlah uang yang ia relakan untuk hilang. Bukan berarti bahwa kita mempersiapkan uang tersebut untuk mengalami kerugian. Namun dengan mempersiapkan uang tersebut untuk mengalami kerugian. Namun dengan mempersiapkan mental, trader dapat berfokus dalam menciptakan transaksi yang berkualitas dan menguntungkan daripada berfokus supaya transaksinya tidak mengalami kerugian.

CIPTAKAN GAYA ANDA SENDIRI

Sering kali seorang trader tak henti-hentinya menanyakan “rahasia” sukses kepada para professional. Belajar dari kesuksesan para professional memang sangat baik, yaituuntuk mengimprovisasi keterampilan trading kita. Namun, kenyataan yang sering terjadi, trader hanya mencari jalan pintas untuk mencapai kesuksesan, yaitu dengan meniru system trading dan strategi para trader senior dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang besar dan cepat.

Meniru mentah-mentah gaya trader lain bukanlah hal yang bijaksana. Sebuah sistem atau strategi diciptakan melalui proses belajar dan berlatih yang Panjang, serta bergantung pada kepribadian masing-masing trader. Semua itu merupakan proses yang tidak mudah. Ketika Anda hendak meniru gaya seorang trader, sudahkan Anda berpikir dan siap untuk menerima proses belajar tersebut? Sudahkah Anda siap untuk mengatasi berbagai kerugian?

Setiap proses belajar merupakan hal yang unik bagi setiap trader dan tidak bisa ditiru mentah-mentah. Pelajari semua hal ingin Anda ketahui dari senior atau trader professional, dan dari sumber-sumber lainnya, lalu ciptakan sistem dan gaya trading Anda sendiri, maka Anda akan benar-benar menikmatinya, karena Anda mengerti benar bagaimana caranya mengambil keputusan yang bijaksana disaat untung maupun rugi

Salah satu cara yang sangat diminati trader dalam belajar trading adalah dengan menghadiri seminar-seminar yang menghadirkan pakar trading sebagai pembicaranya. Kita dapat mempelajari materi yang disampaikan pakar trading dan meniru strategi-strategi tradingnya.

Trader yang berhasil adalah trader yang mampu mengadopsi hal-hal positif dari trader professional, mengembangkan dan menyesuaikan dengan gayanya sendiri. Karena manusia itu unik, maka setiap proses pembelajaran untuk menjadi seorang pakar juga unik.

BERPEGANG PADA TRADING PLAN ANDA

Ketika kita sedang trading, sering kali muncul godaan untuk mengganti trading plan karena ada saham lain yang lebih menarik, padahal sebenarnya trading plan kita juga menguntungkan. Ya, rumput tetangga memang terlihat lebih hijau. Lalu mengapa kita berkompromi untuk mengganti trading plan kita yang menguntungkan dan konsisten, dengan sesuatu yang baru? Jawabannya tak lain adalah karena rasa tamak.

Jika Anda ingin menjadi trader yang berhasil, Anda tidak perlu menjadi yang terbaik dengan mendapat seluruh keuntungan dari saham-saham yang sedang bullish. Yang perlu Anda lakukan adalah memperoleh profit secara konsisten dari trading plan yang sudah Anda buat, dengan sabar dan tekun. Lakukan apa yang sudah tetap berpegang pada trading Anda tanpa tergoda oleh rumput tetangga yang lebih hijau. Jikatrading plan Anda baik-baik saja, mengapa Anda harus menggantinya?

Tetap mengikuti perkembangan zaman. Dunia berkembang begitu cepat dalam berbagai bidang, baik ekonomi, teknologi, kesehatan, maupun bidang-bidang yang lain. Sebagaimana ilmu terus berkembang, sebagaimana ilmu terus berkembang, sebagai seorang trader, kita juga harus terus mengikuti perkembangan zaman.

Berita, buku, piranti lunak untuk melakukan online trading, atau piranti untuk melakukan charting atau analisis grafik terus berkembang dari hari ke hari dengan penamhan di sana-sini untuk meningkatkan kinerja trader. Semua itu dapat membantu kita untuk lebih maju dan mempermudah pekerjaan kita dalam menganalisis.

Bahkan kini di Indonesia telah muncul piranti untuk melakukan online trading saham yang menyediakan automatic stoploss, yang tentunya sangat bermanfaat untuk membatasi pengaruh emosi trader dan membantu trader untuk lebih disiplin. Tetaplah mengikuti perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan demi mengasah kemampuan trading Anda.

Jika Anda ingin mengetahui gaya trading seorang pakar saham, dan belajar bagaimana caranya meningkatkan kinerja trading lebih dalam.

Sumber : investing.com

Rifan Bandung