Rifan Financindo – Tips Untuk Ciptakan Trading Emas Online Yang Aman

Tips Untuk Ciptakan Trading Emas Online Yang Aman – Rifan Financindo

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Investasi bursa berjangka di Indonesia banyak diminati, tetapi masih terbatas pada kalangan tertentu saja. Namun sejalan dengan waktu dan pemahaman masyarakat yang makin luas tentang bursa berjangka, investasi ini semakin banyak dilirik, karena memiliki banyak keunggulan.

Bursa berjangka merupakan tempat atau fasilitas memperjualbelikan kontrak atas sejumlah komoditi atau instrumen keuangan. Investor yang bergerak dalam perdagangan bursa berjangka biasanya disebut sebagai trader.

Pilihan produk yang ditransaksikan juga beragam diantaranya, Valuta Asing, Emas, Perak, Minyak Mentah, serta Indeks Saham. Trading di bursa berjangka merupakan instrumen yang menyediakan potensi dan peluang keuntungan terbaik dalam waktu relatif singkat

Dengan berinvestasi di bursa berjangka, trader bebas menentukan sendiri waktu yang tepat untuk dia bertransaksi, karena pada dasarnya market dan peluang tersedia 24 jam dari senin hingga sabtu.

Untuk memulai investasi bursa berjangka, seseorang disarankan untuk memiliki
bekal ilmu dan pengetahuan. Tidak perlu tergesa memulai jika belum memahami cara kerja dan platform trading yang digunakan. Perusahaan pialang umumnya menyediakan akun demo yang dapat dimanfaatkan pemula untuk berlatih.

Perdagangan Emas Online di Bursa Berjangka

Seperti yang telah disebutkan di awal, transaksi di Bursa berjangka hanya memperdagangkan nilai kontrak komoditi atau mata uang saja. Karena itu transaksi di bursa ini sama sekali tidak melibatkan fisik, sehingga di akhir transaksi Anda tidak akan mendapatkan pengiriman berupa barang tetapi langsung menerima potensi keuntungan atau kerugian dari transaksi.

Hal ini penting untuk dipahami terutama oleh Anda yang tertarik dengan peluang perdagangan emas online.

Di bursa berjangka Emas ditransaksikan dengan kode XAU, berikut beberapa keunggulan perdagangan emas online:
1. Pasar sangat likuid, sehingga dapat ditransaksikan kapan saja;
2. Jam perdagangan 24 jam, sehingga potensi atau peluang transaksi selalu terbuka lebar;
3. Tidak ada pengiriman fisik, Anda tidak perlu memikirkan masalah keamanan serta biaya penyimpanannya;
4. Transaksi dilakukan secara online, sehingga lebih fleksibel dan dapat Anda lakukan dimana saja selama terhubung ke internet;
5. Adanya fasilitas leverage, yang memungkinkan Anda bertransaksi dengan rasio modal yang dibutuhkan lebih kecil untuk setiap lot yang akan ditransaksikan.

Perusahaan Pialang yang Tepat Mudahkan Transaksi Anda

Untuk dapat turut bertransaksi, seorang investor individual membutuhkan perusahaan pialang yang memfasilitasi dan menyediakan platform perdagangan, serta menghubungkannya dengan market global.

Perusahaan pialang tak cuma memfasilitasi calon investor dalam pembukaan rekening trading, tapi juga menyampaikan pesanan (order) jual maupun beli dan meneruskannya ke pasar.

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat, perusahaan pialang yang bereputasi biasanya berupaya memudahkan penawaran kepada calon nasabah dengan banyak fitur dan kemudahan.

Berikut 5 hal yang harus diperhatikan saat calon investor memilih perusahaan pialangnya:

1. Cek legalitasnya

Di Indonesia, pastikan perusahaan tersebut terdaftar dan memiliki izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Informasinya dapat dicek di www.bappebti.go.id. Selain itu, pastikan juga terdaftar sebagai anggota
Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Kliring Berjangka Indonesia (KBI), serta Indonesia Clearing House (ICH).

2. Memiliki Rekening Terpisah (Segregated Account)

Rekening terpisah merupakan rekening khusus yang digunakan untuk menampung dana nasabah, sehingga dapat dipastikan terpisah dari dana operasional perusahaan. Rekening ini terdaftar dan diawasi oleh otoritas, sehingga memberikan kepastian atas keamanan dana calon investor.

3. Kemudahan Penarikan Dana

Pastikan perusahaan pialang yang Anda pilih memiliki prosedur penarikan dana yang mudah. Umumnya, saat ini penarikan dana sudah dapat diproses di hari yang sama.

4. Dukungan Layanan Pelanggan 24 Jam

Dengan adanya kepastian dukungan layanan yang baik, Anda akan mudah mencari bantuan dan mendapatkan solusi cepat ketika mengalami kendala.

5. Jangan Tergiur Iming-Iming Profit Tinggi dan Fixed Income

Waspadalah pada pihak-pihak yang menjanjikan keuntungan secara instan. Perlu dipahami, walaupun memiliki potensi profi┬Čt tinggi, perdagangan berjangka juga memiliki risiko seperti bentuk investasi lainnya.

Pelajari dan jalankan sendiri transaksinya. Anda harus mengerti benar segala proses dan cara mengantisipasi resiko, Anda adalah pengambil keputusan penuh dalam transaksi.

Selain 5 hal yang telah disebutkan di atas, calon investor juga perlu mempertimbahkan hal lain saat memilih perusahaan pialang. Hal lain tersebut adalah pengalaman perusahaan yang bersangkutan.

Perusahaan yang sudah lama berkecimpung dalam bidang yang sama, biasanya selalu melakukan inovasi dan perubahan yang memudahkan nasabah. Jangan lupa, pilih perusahaan yang memberikan layanan kemudahaan teknologi, sebab kemudahaan teknologi akan membantu Anda melakukan transaksi dengan lebih mudah – RIFAN FINANCINDO

Sumber : suara.com

Rifan Bandung